Penanggulangan Penyakit: Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi turunnya kadar sel darah merah (Hemoglobin) dalam darah yang normal. Pada wanita sekitar 12 mg/dldan 14 mg/dl pada laki-laki. Berkurangnya sel darah merah dapat terjadi akibat keadaan tertentu seperti pandarahan, gangguan pembentukan sel darah merah, berkurangnya asupan gizi, terutama zat besi ,dan lain-lain.

Bagaimanakah gejala anemia?
Gejala awal anemia kurang zat besi adalah keluhan badan lemah, lelah, kurang energi, kurang nafsu makan, daya konsentrasi menurun, sakit kepala, pandangan sering berkunang-kunang terutama dari keadaan duduk kemudian berdiri. Tanda lainnya adalah kelopak mata, wajah, ujung jari dan bibir biasanya tampak pucat.

Bagaimana mencegah anemia?
Pencegahan yang terbaik adalah sebelum terjadi anemia, yaitu dengan menjaga agar dalam tubuh tersedia cukup zat besi untuk pembentukan sel darah merah.
Zat besi banyak dikandung dalam makanan baik hewan, sayuran dan buah-buahan, seperti : hati, daging, telur, ikan, kentang, beras merah, kacang-kacangan, apel, jambu, papaya, dan lain-lain. Keseimbangan asupan gizi sangat diperlukan untuk menjaga agar tidak terkena anemia.

CEGAH ANEMIA DENGAN :
1.Makan-makanan yang bergizi
2.Lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur
3.Terapkan perilaku hidup bersih dan sehat

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda