Penanggulangan Penyakit: Hepatitis

Peradangan pada hati (liver) umumnya disebut ”Hepatitis” dipakai untuk semua jenis peradangan pada hati (liver). Penyakit hepatitis dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari virus sampai dengan obat-obatan, termasuk juga obat tradisional.

Penyakit hepatitis sering ditandai dengan kulit dan bagian putih mata yang berwarna kekuningan. Oleh karena itu, penyakit hepatitis sering disebut penyakit kuning. Penyakit kuning biasanya berhubungan dengan kelainan pada hati, darah, atau limpa.

Terdapat beberapa jenis penyakit hepatitis, yaitu hepatitis A, hepatitis B, C, D, E, F dan G. penampilan penyakit hepatitis akibat virus bisa akut (hepatitis A), dapat pula kronik (hepatitis B, C) dan adapula yang kemudian menjadi kanker hati (hepatitis B dan C).

Pada blog ini, kami hanya memaparkan penyakit hepatitis type virus A dan B saja. Mudah-mudahan pada tulisan berikutnya akan kita sambung lagi dengan hepatitis jenis yang lainnya.

Penyakit hepatitis A seringkali didapatkan pada anak-anak dan tidak manimbulkan gejala, sedangkan pada orang dewasa menyebabkan gejala mirip flu, rasa lelah, demam, diare, mual, nyeri perut, mata kuning dan hilangnya nafsu makan. Gejala hilang sama sekali setelah 6-12 minggu. Orang yang telah terinfeksi hepatitis A akan kebal terhadap penyakit tersebut dan tidak berlanjut menjadi kronik. Penularan bias terjadi melalui makanan atau minuman yang tercemar kotoran penderita, misalnya makan buah-buahan, sayur yang tidak dimasak atau makan kerang yang setengah matang. Minum dengan es batu yang prosesnya tercemar.

Penyakit hepatitis B memiliki gejala mirip hepatitis A, mirip flu, yaitu hilangnya nafsu makan, mual, muntah, rasa lelah, mata kuning dan muntah serta demam. Penularan dapat melalui jarum suntik atau pisau yang terkontaminasi, transfuse darah dan gigitan manusia.

Saat ini banyak dikembangkan imunisasi untuk mencegah terjangkitnya penyakit hepatitis. Namun langkah pencegahan yang paling ampuh untuk mencegah hepatitis adalah dengan melaksanakan gaya hidup bersih dan sehat, makan makanan yang bersih dan tidak tercemar, cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

JANGAN LUPA MEMBAWA BAYI ANDA UNTUK
DI IMUNISASI HEPATITIS SEDARI AWAL

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda